Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEKIAN LAMA TERBARING SAKIT TBC, YUSRAN AKHIRNYA DITANGANI TIM MEDIS


Muhammad Yusran (25) Tahun, warga miskin Jalan Sultan hasanuddin kelurahan Bonto Perak sekian lama terbaring sakit di rumah panggung reot berukuran 4x6 milik orang tuanya yang berdiri diatas tanah milik salah seorang keluarganya. sekian lama itu pulalah Yusran yang sedang terbaring sakit dirumah tersebut karena mengalami Penyakit TBC (tuberculosis) kronis. 


Selama sakit Yusran jarang memeriksakan diri ke Rumah sakit untuk ditangani tim medis RSUD Pangkep karena keterbatasan biaya yang membebani hidupnya sehingga ia hanya dirawat di rumah orag tuanya saja selama ini, badan dan tubuhnya kian hari menjadi kurus kering dan hanya berbalut kulit saja


Namun kali ini Yusran merasa beruntung karena rumahnya yang reot tersebut mendapat kunjungan dari Tim Medis Polda Sulsel, tim medis Dinas kesehatan dan Bupati kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) H. Syamsuddin Hamid, SE beserta jajarannya dalam rangka rangkaian Bakti Sosial Polda Sulsel yang diadakan di Kabupaten Pangkep di 10 titik pemberian bantuan dan salah satu titik tersebut adalah rumah Yusran di Bonto Perak. Kamis (9/8/2018) kemarin

Dari pantauan awak media sejak rabu (8/8/2018) lalu tim medis dinas kesehatan kabupaten Pangkep telah datang kerumah Yusran dengan membawa tabung oksigen pernapasan untuk persiapan Bakti sosial tersebut yang digelar pada kamis kemarin (9/8/2018). 


Saat kunjungan tersebut nampak Tak banyak yang bisa dilakukannya Yusran selain berbaring diatas kasur sambil sesekali mengeluarkan batuknya akibat penyakit TBC yang dialaminya tersebut. Sebuah selang yang tersambung tabung yang dibawa dari Dinas Kesehatan Pangkep kemarin terpasang masuk kedalam lubang dihidungnya untuk membantu pernapasannya. Bersama ibunya Sarianah (55 tahun) dan beberapa orang adiknya ia tinggal dirumah reot di Kelurahan Bonto Perak Kecamatan Pangkajene Pangkep Sulsel.
 


Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid yang mengunjungi Yusran menjamin pengobatan hingga sembuh. Didampingi Kadis Kesehatan Pangkep Indriaty Latief dan tim kesehatan dari Polda Sulsel yang melaksanakan bakti sosial, Syamsuddin menekankan agar dinkes lebih intensif dalam pendampingannya.

“Jangan takut berobat, kita tanggung semua smapai sembuh. Ini ada ibu kadis, nanti diurus semua. Gratiskan semua yang bersangkutan dengan pasien ini yah, tolong ibu kadis kesehatan fasilitasi ini. Jadi jangan khawatir kita sama-sama saling bantu” ujar Syamsuddin saat menjenguk Yusran di rumahnya, Kamis 9 Agustus 2018.

Syamsuddin kemudian pamit dan memberikan bantuan dari Polda Sulsel dan bantuan pribadinya, serta bantuan bedah rumah kepada Sariana, ibu Muhammad Yusran.

"Terima kasih banyak Polda Sulsel, pak bupati sudah bantu kesulitan kami. Semoga Allah membalasnya," jelasnya.



Baksos kesehatan itu yang digelar oleh Polda Sulsel bekerjasama dengan Pemkab Pangkep, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 73 tahun. Animo masyarakat pun cukup tinggi dalam mengikuti baksos kesehatan itu, sebagai peserta.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono mengatakan, kunjungan kerjanya sekaligus memantau kegiatan baksos ini yang telah melalui proses survei sebelumnya. Dan dipusatkan di Kabupaten Pangkep, untuk tahun ini. Namun, demikian, diharapkan bukan hanya pada momen HUT Bhayangkara, namun tetap kedepan akan terus dilakukan.


Item Baksos kesehatan itu sendiri, terdiri pemeriksaan kesehatan gratis, sunat massal, donor darah, pemeriksaan gratis Papsmiar, operasi bibir sumbing, dan dilanjutkan pembagian sembako bagi kaum duafa.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "SEKIAN LAMA TERBARING SAKIT TBC, YUSRAN AKHIRNYA DITANGANI TIM MEDIS"