Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NIKMATNYA SATE UDANG LILIT BATANG SEREI KHAS DESA PITUE PANGKEP



Kuliner Kota Boledong (Bolu/Bandeng, Lemo/Jeruk,Doang/udang) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel memanglah begitu beragam salah satu diantaranya sebagai kota penghasil ikan Bandeng dan Udang di sulsel. Masyarakat Pangkep juga punya cara khas untuk mengolahnya menjadi kuliner yang lezat. Di antaranya adalah Sate Lilit Udang Tusuk Batang Serei Khas Pitue.

Kuliner khas desa pitue satu ini memberikan rasa dan aroma khas tersendiri bagi penikmat kuliner udang, Rasa udangnya renyah meski tanpa memakai tepung ditambah kelapa parut yang gurih. Dipadu dengan aroma batang serei yang terasa harum.

Berbeda dengan sete pada umumnya yang menggunakan tusuk dari bambu, kuliner ini menggunakan batang serei sebagai pegangannya.

"Ini tidak pakai tepung, bahan dasarnya udang, kelapa parut dan penyedap rasa," kata pembuat Madina kepada TribunPangkep.com di Desa Pitue, Kecamatan Marang Kabupaten Pangkep, Sulsel, Minggu (12/7/2018).

Penasaran ingin tahu cara membuatnya, Proses pembuatannya mudah, udang mula-mula dimasak lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan kelapa parut dengan mencampurkan bumbu seperti gula pasir, petsin, garam, lengkuas, jahe dan kunyit.

Campurkan semua bahan lalu lilitkan di batang serei pengganti tusuk sate yang biasanya terbuat dari bambu yang sudah disiapkan kemudian goreng di minyak panas hingga tiga menit.

Tiriskan hingga minyaknya berkurang dan beri saos kacang di atasnya. nah  Siap Sate Lilit Udang Tusuk Batang Serei Khas Pitue dinikmati dengan nasi panas atau hanya sekedar menikmati Sate Lilit Udang Tusuk Batang Serei Khas Pitue saja.

Jika kalian ingin belajar atau mencicipi kuliner ini langsung, tidak ada salahnya anda berjalan-jalan ke Pangkep tepatnya di Desa Pitue Kecamatan Marang, Kabupaten Pangkep, Sulsel sekitar 15 Km dari perbatasan Maros-Pangkep

(ADM-KP)

Post a Comment for "NIKMATNYA SATE UDANG LILIT BATANG SEREI KHAS DESA PITUE PANGKEP"