Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KPU SULSEL INSTRUKSIKAN KPU PANGKEP HARUS TETAPKAN DPT HARI INI


Tertundanya penetapan DPT Pangkep tersebut karena adanya rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) agar KPU dan Disdukcapil Pangkep menyelesaikan perekaman 38.831 warga Pangkep, yang terancam dicoret dari DPT, karena belum melakukan perekaman dan belum memiliki e-KTP. rupanya menjadi perhatian khusus di KPU Sulawesi Selatan. sebab KPU Pangkep menjadi satu-satunya KPU kabupaten/kota di Sulsel yang belum menetapkan rekapitulasi DPT-nya untuk Pemilu 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi serta Hubungan Antar Lembaga KPU Sulsel, Uslimin, yang turun langsung memantau dan mengawal proses penetapan DPT Pangkep. dan memastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) mengagendakan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pangkep untuk Pemilu 2019, hari ini. Sabtu (25/8/2018) besok.

"Intinya paling lambat besok sudah penetapan DPT Pangkep. Saat ini teman-teman sedang bekerja bersama melakukan verifikasi faktual untuk 38.831 warga Pangkep yang belum teridentifikasi tersebut. Apakah mereka betul sudah melakukan perekaman e-KTP atau belum melakukan perekaman. Sampai semalam itu sudah separuhnya selesai," tuturnya saat ditemui awak media di Hotel The Rinra Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga, Jumat sore (24/8/2018).

Uslimin juga mengungkapkan bahwa KPU Sulsel juga telah membawa Ketua Divisi Data KPU RI juga sudah kita bawa kesana (Pangkep) tadi untuk bertemu dengan komisioner KPU Pangkep. untuk memastikan apakah Disduk Capil Pangkep telah melakukan perekaman atau belum, dan ternyata Disdukcapil Pangkep tidak dapat memastikan kapan perekaman tersebut rampung.

"Yang itu harus dipastikan dulu apakah sudah perekaman e-KTP atau belum. Ketua Divisi Data KPU RI juga sudah kita bawa kesana (Pangkep) tadi untuk bertemu dengan komisioner KPU Pangkep. Sebetulnya ini tersendat bukan di KPU tapi di Disdukcapil. Disdukcapil tidak bisa memastikan diantara 38.831 warga tersebut yang mana sudah melakukan perekaman yang mana belum. Bawaslu Pangkep hanya ingin memastikan agar tidak ada warga Pangkep yang hak konstitusinya tidak terlayani," pungkasnya.

sekedar diketahui pada Pilkada Serentak 2018 lalu, jumlah DPT Pangkep sebanyak 236.005 orang. Terbagi atas 113.084 pemilih laki-laki dan 122.921 pemilih perempuan. dan meningkat pada DPS pemilu 2019 lalu menjadi 236.005 kemudian ditemukanlah sebanyak 38.831 wajib pilih yang tidak memiliki e-KTP, sesuai Peraturan KPU nomor 11 warga yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus memiliki KTP Elektronik (e-KTP) atau sudah melakukan perekaman untuk penerbitan e-KTP.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "KPU SULSEL INSTRUKSIKAN KPU PANGKEP HARUS TETAPKAN DPT HARI INI"