Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IKAN BANDENG TANPA DURI PANGKEP DIMINATI DI JAWA, NTT, DAN PAPUA




Sudah 3 tahun dibina Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), kini usaha bandeng tanpa duri Ratna Mentari semakin berkembang di Dusun Biringkassi, Desa Bulu Cindea, Kabupaten Pangkep, Sulsel. Dia mengakui, jika sebelumnya tidak mendapat pembinaan dari Kemenristekdikti dia hanya mampu memproduksi 300 ekor per pekan di pasaran lokal, kini produksinya semakin bertambah.

Mentari Citra Lestari selama ini bergerak di bidang pengelolaan ikan. Produksi andalannya yakni ikan bandeng tanpa duri, abon ikan hingga bandeng krispi yang kini sudah dijual di outlet yang ada di Pangkajene Pangkep. Ikan bandeng tanpa duri ini, kini sudah banyak dijual di beberapa toko makanan di Pangkep dengan harga Rp 14 ribu per ekor.

"Alhamdulillah tidak terasa 3 tahun saya dibina, banyak yang bisa kita petik ilmunya yakni dari segi kualitas, penampilan produk hingga suport bantuan dananya, Saat ini sudah 600 ekor per pekan yang dijual ke Kupang NTT, Papua dan sebagian besar di Jawa" kata pemilik usaha, Ratna Mentari di Bungoro Pangkep

Kemenristekdikti membina Mentari Citra Lestari, dengan memberikan penyuluhan kepada 20 karyawan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Mereka dibina dalam hal pengelolaan produk, pengemasan, membantu melakukan pemasaran dan promosi.

Mentari Citra Lestari juga sering menjadi tempat belajar bagi UKM bidang perikanan dari berbagai daerah terutama Papua, Ambon dan daerah lainnya di Sulawesi. UKM ini juga banyak mendapat binaan dari Politani Pangkep.

(ADM-KP)

Post a Comment for "IKAN BANDENG TANPA DURI PANGKEP DIMINATI DI JAWA, NTT, DAN PAPUA"