Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HENDAK DIPAKAI PESTA PERKAWINAN, RUMAH DI PANGKEP LUDES DILALAP API



Nasib naas menimpa H. Amir (60) tahun yang sedikit hari lagi akan melangsungkan pesta perkawinan dirumahnya kini hanya bisa menghela nafas panjang dan mencoba untuk terus tegar atas cobaan kebakaran yang menghanguskan rumahnya di Kampung Sanrangan, Kelurahan Bontoperak, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sabtu (4/8/2018) yang rencananya akan dijadikan lokasi pesta perkawinan anaknya yang digelar tanggal 27 Agustus mendatang.

Bagaimana tidak, rumah panggung permanen miliknya tersebut hanya menyisahkan tiang tiang kayu yang sudah menjadi arang dan beberapa bagian dinding tembok yang masih tersisah, namun semua perabot, atap, lantai papan, dinding, berkas penting dan bahkan ratusan karung gabah ikut ludes dilalap api.

Kejadian sendiri terjadi sekitar pukul 13.30 Wita dan baru sekitar pukul 14.50 api baru bisa dipadamkan, oleh petugas Damkar dari Pemda Pangkep, Maros dan PT Semen Tonasa. Penyebab kebakaran sendiri diduga karena korsleting arus pendek di bagian atas rumah.

Menurut Husain menantu H. Amir, saat kejadian mertuanya sementara di lantai bawah sedang istirahat tidur. Lalu ia mendengar suara benda terjatuh dari lantai atas rumahnya. Saat H. Amir bergegas melihat keatas ternyata api sudah membesar dan memenuhi lantai atas yang terbuat dari kayu tersebut. Dikatakan Husain, api dengan cepat menyambar rumah panggung yang terbuat dari kayu tersebut, disamping karena ratusan gabah kering yang baru kemarin disusun di lantai atas. Petugas Pemadam kebakaran yang tak jauh dari rumahnya pun kata Husain, terlambat tiba di lokasi.

"Mertuaku sementara baring-baring di bawah, ada seperti suara jatuh, saat dilihat ke atas api sudah membesar, bukan hanya ratusan karung lebih gabah kering yang ludes dilalap si jago merah, dua unit motor RX King dan Satria pun juga ikut hangus, bahkan sertifikat-sertifikat penting lainnya juga ikut terbakar," ujar Husain, saat ditemui di sekitar lokasi kebakaran, Sabtu (4/8/2018).

Lanjut Husain,  yang lebih membuat sedih keluarganya sebab sedianya di rumah tersebut akan dilaksanakan pesta pernikahan adik iparnya, tanggal 27 Agustus nanti.

"Rencananya pesta pernikahannya iparku tanggal 27 Agustus 2018 dan dilaksanakan disini, namun apa hendak dikata rumah mertuaku habis di lalap api" ungkap Husain.

Atas musibah ini kerugian ditaksir Rp.300 juta. Hanya kulkas, dispenser, beberapa perabot dan pakaian, dan tiga karung gabah yang dapat diselamatkan,.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Bontoperak, Andi Riyan mengatakan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan badan penanggulangan bencana daerah guna penyalurhan bantuan kepada korban.

"Kita juga akan bantu pengurusan berkas ke dinas-dinas terkait. Dari kelurahan sendiri, Insyaallah juga ada," ungkap Riyan

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "HENDAK DIPAKAI PESTA PERKAWINAN, RUMAH DI PANGKEP LUDES DILALAP API"