Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIPERIKSA 5 JAM, KADISDIK PANGKEP BERSIKUKUH TAK TAHU SOAL PUNGLI DACIL

Idris Sira Kepala Dinas Pendidikan Pangkep

Pengusutan Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) ala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) HSN di kantor Disdik Bungoro Pangkep beberapa waktu lalu terus berlanjut, setelah sebelumnya Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Pangkep telah menggeledah ruangan dan rumah tersangka dan memanggil sejumlah saksi dari beberapa guru serta staf GTK Disdik Pangkep, kini giliran Kepala Disdik Pangkep Idris Sira, SE dipanggil untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus tersebut

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep Muhammad Idris Sira memenuhi panggilan penyidik Satreskrim Polres Pangkep Selasa 31 Juli 2018. dan menjalani pemeriksaan di ruangan Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Pangkep Selama enam jam.

Dalam pemeriksaannya sebagai saksi tersebut Idris dicecar pertanyaan seputar SOP Tunjangan Dacil selaku atasan langsung tersangka yang kini ditahan di Mapolres Pangkep.

Kepala Unit Tipikor Polres Pangkep, Inspektur Dua (Ipda) Firman menngungkapkan, jika hari ini penyidik telah memanggil dan memeriksa Kepala Dinas Pendidikan Pangkep, Muhammad Idris Sira untuk dimintai keterangan selaku saksi

"Iya statusnya masih sebagai saksi, tadi Kadis Pendidikan diperiksa, dari pukul 10 pagi sampai pukul 15.30 wita sore tadi," kata Kepala Unit Tipikor Polres Pangkep, Inspektur Dua (Ipda) Firman di Mapolres Pangkep, Selasa (31/7/2018).

Sementara itu Kepala Satreskrim Polres Pangkep Iptu Deni Eko Prasetyo mengatakan pemeriksaan terhadap kadisdik terkait dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) pencairan tunjangan daerah terpencil (dacil).

“Materi pemeriksaan masih terkait SOP tunjangan dacil mulai awal sampai dananya sampai ke guru yang bersangkutan,” kata Deni.

Dalam pemeriksaanya soal praktek pungli di instansi yang dipimpinnya, kepada penyidik, Idris dengan bersikukuh membantah dirinya mengetahui adanya kegiatan pungli dacil oleh oknum pegawai GTK nya dikantornya itu.

Meski begitu polisi tetap berkeyakinan pungli tunjangan dacil yang berlangsung bertahun-tahun ini melibatkan sejumlah pihak.

“Kita kumpulkan dulu semua keterangan, kita perkuat datanya untuk dijadikan pemeriksaan, Kita upayakan ada tersangka lain dalam kasus ini,” ujarnya.

Sebelumnya puluhan orang berstatus saksi yang terdiri dari guru penerima tunjangan dan staf GTK yang telah di periksa oleh unit tipikor Pangkep, bukan hanya Penyidikan terkait dana dacil saja tetapi juga terkai persoalan dana sertifikasi guru yang pengusulan namanya melalui bidang GTK yang juga diduga berpotensi mengalami kasus yang sama.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "DIPERIKSA 5 JAM, KADISDIK PANGKEP BERSIKUKUH TAK TAHU SOAL PUNGLI DACIL"