Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANGGARAN SPP NAIK 1 MILIAR, KOK SPP MAHASISWA PANGKEP DI KURANGI


Ribuan mahasiswa Pangkep merasa kecewa berat terhadap sikap Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang mengurangi Dana Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Gratis tahun 2018 untuk semester pertama.tak tanggung tanggung pengurangan SPP Mahasiswa tersebut mencapai 300 Ribu per orang padahal Disdik Pangkep telah menaikkan anggaran SPP tersebut dari 5,1 miliar di tahun 2017 untuk 4.097 mahasiswa penerima SPP tahun 2017 lalu menjadi 6 Miliar di tahun 2018 ini.

Hal ini tentunya mengundang tanya dari kalangan mahasiswa selain Anggarannya naik sebesar 1 miliar tahun ini dari 5,1 miliar tahun 2017 menjadi menjadi 6 miliar di RKA Disdik Tahun 2018. 


kejanggaan tersebut bertambah sebab sebelumnya berulang kali bupati Pangkep H. Syamsuddin kerap kali menyerukan ke mahasiswa pada  bulan ramadhan lalu bahwa serapan anggaran SPP tahun 2018 ini masih sangat rendah, karena para mahasiswa masih banyak yang belum mendaftarkan dirinya sebagai penerima SPP Gratis tersebut, untuk itu ia menghimbau kepada mahasiswa untuk datang ke Disdik Pangkep untuk mengumpulkan berkasnya agar SPP nya bisa di bayarkan oleh Pemkab Pangkep.


Kejanggalan lainnya banyak rekening tabungan mahasiswa di Bank BNI tempat pencairan SPP Gratis tersebut tiba tiba saldonya menjadi nol rupiah padahal sebelumnya buku tabungannya menyisahkan saldo minimal Rp.100 Ribu


Wahyudin misalnya salah seorang mahasiswa perguruan tinggi dimakassar mengaku kecewa dengan adanya pemotongan Biaya SPP oleh pemerintah sebab semester sebelumnya ia masih menerima Uang SPP Gratis sebesar Rp.2 juta namun tahun ini uang yang masuk di rekeningnya hanya Rp.1.7 Juta saja tentunya tidak cukup untuk melunasi biaya SPP nya tahun ini sehingga pemerintah kabupaten Pangkep terkesan setengah hati untuk membantu mahasiswa.

"Semester lalu saya terima Rp.2 juta, sekarang di rekeningku hanya Rp 1,7 Juta di potong Rp.300 Ribu, ini tidak cukup membayar SPP ku yang 2 Juta persemester. pemerintah setengah hati membantu mahasiswa, bukankah Anggarannya sudah di naikkan sebanyak 1 miliar loh kok malah ada pemotongan tahun ini." Ungkapnya kecewa.

Wahyudin menambahkan bukannya ia tidak bersyukur atas bantuan pemerintah ini, namun patut diduga ada permainan anggaran dalam hal ini terlebih lagi pihak disdik Pangkep telah menyalahi MoU yang telah ditandatangani pihak perguruan tinggi dan Disdik Pangkep. 


Dalam MoU itu disepakati bahwa setiap mahasiswa Pangkep mendapatkan beasiswa maksimal Rp2 juta atau minimal sesuai dengan besaran SPP. terlebih lagi dalam hal ini pihak Disdik tidak melakukan sosialisasi pengurangan anggaran sebelumnya ke mahasiswa.

"Bukannya kami tidak bersyukur, tapi banyak kejanggalan disini, selain tidak ada sosialisasi pengurangan tersebut, juga pihak Disdik telah menyalahi MoU dengan pihak kampus yang telah ditandatangani bersama sebelumnya, apalagi anggaran tahun ini naik 1 miliar, pertambahan mahasiswa pun hanya sekitar 400 orang saja tahun ini, masa tambahan 1 miliar tersebut tidak cukup." Pungkasnya.

Untuk itu Wahyudin meminta kepada pihak aparat berwenang untuk memeriksa hal ini, terlebih lagi ada kasus serupa yang baru baru ini terjadi yakni Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Kabid GTK Dissik Pangkep.

(ADM-KP)
 

Posting Komentar untuk "ANGGARAN SPP NAIK 1 MILIAR, KOK SPP MAHASISWA PANGKEP DI KURANGI"