Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WARGA PANGKEP BISA BAYAR PBB DENGAN SAMPAH PLASTIK

Ridwan Syam Lurah Padoang-Doangang 

Pemerintah kabupaten pangkep saat ini tengah melakukan terobosan meningkatkan kesadaran warga mambayar pajak dan meningkatkan kebersihan lingkungan, salah satunya dengan memberlakukan pembayaran pajak dengan sampah plastik. Selain untuk memudahkan program bayar pajak dengan sampah ini juga meringankan beban masyarakat yang pembayaran pajaknya dibawah Rp20 ribu.juga sekaligus menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

Terobosan dan inovasiini  digagas dari Kabid Penagihan dan Pembukuan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pangkep, Lukman Murtala Program yang diberi nama Mikirki Pak merupakan singkatan dari Lorota Mi Kisareangka, Lunasaki Pajakta yang berarti bayarkan pajak anda dengan sampah

Menurut lukman inovasi sampah plastik yang dikumpulkan kemudian diubah menjadi pembayaran pajak itu mendapat respon tinggi dari masyarakat setempat.

“Kita ambil SPPT tertunggak, Kita sampaikan, ini tunggakannya sekian, kalau mau lunasi pajaknya, kumpulkanki sampah plastik. Lorota Mi Kisareangka, Lunasaki Pajakta, atau kita singkat dengan sebutan Mikirki Pak. Artinya cukup dengan sampah diberikan ke pemerintah, maka pajak akan dilunasi,” ucap Lukman.

Program Mikirki Pak ini untuk sementara berlaku di kelurahan-kelurahan yang masuk area penilaian Adipura. Pihaknya juga membagi kantong plastik kepada masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik.

“Nantinya, sampah yang terkumpul akan kami jemput langsung di rumah warga. Kemudian akan ditimbang,” tambahnya. inovasi ini juga ingin menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk taat bayar pajak. Sebab, pajak menopang pembangunan negara". Paparnya

Sementara itu, Lurah Padoang-Doangan, Kecamatan Pangakajene, Ridwan Syam mengaku, respon masyarakat sangat tinggi dalam hadirnya program terbaru yang mulai diterapkan ini.

“Betul-betul sangat menyentuh masyarakat dan mengurangi beban masyarakat. Yang dulunya masyarakat terbebani dengan pembayaran pajak. Sekarang tidak lagi karena hanya dengan sampah sudah bisa lunas pajaknya. Karena sebahagian besar pajak yang banyak tertunggak itu nilai Rp20ribu ke bawah,” pungkasnyanya

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "WARGA PANGKEP BISA BAYAR PBB DENGAN SAMPAH PLASTIK"