Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERLAMBAT DAFTAR DILOKET, PASIEN PUSKESMAS KALABBIRANG DISURUH PULANG

dr. Nama (tengah) dan stafnya

Seorang pasien Puskesmas Kalabbiran, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkajene dan kepulauan (Pangkep) terpaksa harus pulang dengan rasa kecewa karena tidak mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak Puskesmas Kalabbirang.Uswatun Nisa Mujiana warga kalabbirang disuruh pulang oleh pelayanan puskesmas kalabbirang gara gara datang terlambat mendaftar di loket puskesmas.

Bermula saat Uswatun Nisa hendak memeriksakan anaknya yang berumur satu setengah tahun kepuskesmas Kalabbirang yang terkena panas demam tinggi pada pukul 10.00 wita (2/7/2018) namun sesampainya di bagian pelayanan kartu Uswatun Nisa disuruh pulang kerumah dan datang lagi besok dengan alasan pasien sudah menumpuk dan dokter ada keperluan lain setelah jam 12 siang.

"Tabe mauka bertanya apakah memang ada aturan di puskesmas untuk menolak pasien yang sakit kalau sudah jam 10.00 wita, karena saya bawa anak saya yang sakit di puskesmas kalabbirang di suruh pulang karena alasannya banyak pasien dan dokternya mau keluar" Ujar Uswatun Nisa dalam akun Facebooknya.

Uswatun Nisa 

Karena disuruh pulang Uswatun Nisa terpaksa mampir diapotik untuk membelikan anaknya Obat penurun Panas Parasetamol sebagai obat alternatif karena tidak dapat memeriksakan anaknya dipuskesmas

"Tidurmi anakku saya sudah kasih minum obat parasetamol, setidaknya saya berharap obat tersebut bisa menurunkan demam anak saya setelah disuruh pulang dari puskesmas" Ujarnya.

Muhammad Alwi salah seorang Staf Puskesmas kalabbiran saat dihubungi awak media mengutarakan bahwa dirinya ada pada saat itu di tempat pendaftaran kartu pada jam 10.00 ia menolak jika disebut adanya penolakan pasien, namun ia tak menampik bahwa aturan puskesmas kalabbiran pelayanannya hanya berlaku sampai pukul 11.00 wita untuk poli umum.

"Pasien datang jam 10 dan kondisi pasien hari senin banyak yang antri jadi kita sarankan untuk pulang saja dulu, dan harusnya pasien membawa anaknya ke UGD agar segera ditangani tim medis bukan di poli umum" Terangnya.

Alwi juga mengungkapkan bahwa Dokter yang melayani di puskesmasnya hanya satu orang saja, karena dokter yang satunya dr. Asmira sudah dua bulan lebih tidak masuk karena ijin mengikuti pendidikan dan belum ada penggantinya hingga saat ini.

"Cuma satu Dokter yang menangani pasien, karena Dokter yang satunya lagi ijin pendidikan, terpaksa kami batasi jam pelayanan mengingat jam 12 kami harus istirahat kerja" Ungkapnya.

Selain masalah Dokter Alwi juga menghawatirkan tidak adanya ruang rawat inap bagi pasien karena saat ini ruang rawat inap akan direnofasi oleh Dinas Kesehatan pemkab kabupaten Pangkep.

Sementara itu dr.Najma kepala Puskesmas Kalabbirang  menyampaikan bahwasanya ini adalah persoalan mis komunikasi dan tidak bermaksud menelantarkan atau menolak pasien dan aturan pendaftaran pasien ditempanya buka jam 08.00 wita sampai dengan jam 11.00 wita kemudian pasien yang antri dilayani sampai selesai.

"Jampendaftaran jam 08.00 wita sampai 11.00 wita dan akan dilayani sampai selesai dan untuk UGD buka 24 jam, jadi tidak ada alasan untuk menolak pasien dan adapun pelayanan kami yang masih kurang kami memohon maaf" Pungkasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "TERLAMBAT DAFTAR DILOKET, PASIEN PUSKESMAS KALABBIRANG DISURUH PULANG"