Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TEMUKAN PUPUK KOPRAL, BABINSA MA'RANG DAPAT HADIAH DARI JOKO WIDODO


Kopral Satu (Koptu) Yahya Salam Babinsa Koramil 1421/05 Ma’rang, Kecamatan Ma'rang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) tak menyangka dirinya bakal bertemu dan berbicara langsung serta menerima hadiah dari presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo atas dedikasinya terhadap pengabdian pada masyarakat memberikan pengaruh dan terobosan di masyarakat, sebagai penemu pupuk cair Kopral untuk sawah, perkebunan dan tambak.

Selain Koptu Yahya Salam Presiden juga memberikan penghargaan kepada 4 Babinsa yang berprestasi Penyerahan tersebut diberikan karena 4 Babinsa berhasil memberikan pengaruh dan terobosan di masyarakat. Adapun 4 Babinsa yang mendapatkan tali asih yakni Koptu Yahya, Sertu Asmuliadi, Serka Darwis, dan Serma Musbah. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi 4 Babinsa atas kerjanya membantu masyarakat.

Momen ini terjadi saat Presiden mengundang keempat anggota Babinsa tersebut untuk menyampaikan keinginannya saat bertemu dengan sekitar 2.000 anggota Babinsa, di Balai Prajurit M. Yusuf, di Jalan Sudirman, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (29/7). Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tidak terduga memberikan hadiah biaya perjalanan umroh bagi 4 (empat) anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodam XIV/Hasanuddin, Makassar, yang dinilai menonjol pengabdiannya.




Pada kesempatan tersebut, Presiden RI Jokowi memberikan penghargaan dengan memberangkatkan Umroh gratis kepada 4 (empat) personel Babinsa berprestasi di Kodam XIV/Hasanuddin, yaitu Serma Musbah Babinsa Koramil 1416-06/Maligano Kodim 1416/Muna Rem 143/Ho (menyelamatkan korban kapal penumpang yang terbakar di perairan Muna, jalur penyeberangan Muna-Maligano tahun 2016), Koptu Yahya Salam Babinsa Koramil 1421-05/Marang Kodim 1421 Pangkep (penemu cair organik / Pupuk Kopral), Sertu Asmulyadi  Babinsa Koramil 1423-02/Masio Tiqwa (membuat kincir 5.000 watt pembangkit tenaga listrik Desa Bulue Kec. Marioriawa Kab. Soppeng) dan Serka Muh. Darwis Babinsa Koramil  1412-03/Lss Kodim 1412/Klk Rem 143/Ho (membantu mengatasi kesulitan masyarakat menyeberangkan anak sekolah melintasi sungai menggunakan gondola). Kedatangan Presiden RI Jokowi beserta rombongan ke tempat pengarahan disambut dengan Tarian Kalompoanna Parasanganta kolaborasi dengan Tari Paraga oleh  personel gabungan TNI-Polri.



 Sementara itu, dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi kinerja para Babinsa berprestasi tersebut. Dia yakin masih banyak Babinsa yang berprestasi di bidang lainnya.

"Babinsa adalah tulang punggung dalam menciptakan ketahanan di wilayah. Tulang punggung. Sebab itu saya berharap agar penanganan di dalam lingkup kecil di desa pendekatannya benar, tidak usah pendekatan represif, tapi pendekatan lunak yang menyelesaikan masalah, problem," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menawarkan para Babinsa berprestasi itu hadiah. Namun mereka malah meminta agar program mereka lebih dibantu dan dipermudah.

"Tadi ada 4 Babinsa, tolong berdiri. Minta hadiah apa? Minta hadiah apa?" kata Jokowi. Namun keempat prajurit Babinsa tersebut tetap diam.

"Minta hadiah apa?" tanya Jokowi lagi, namun tak juga mendapat jawaban."Nggak yang jawab. Minta hadiah apa juga belum tentu saya beri," kata Jokowi yang membuat para prajurit Babinsa lainnya di ruangan itu tertawa.



Namun keempat anggota Babinsa itu, yaitu Sersan Mayor (Serma) Musbah, Kopral Satu (Koptu) Yahya, Sersan Satu (Sertu) Asmuladi, dan Sersan Kepala (Serka) Darwin justru menyampaikan aspirasinya untuk kepentingan masyarakat di lokasi mereka bertugas.

Serma Musbah meminta petunjuk untuk anak-anak di tempatnya bertugas yang ingin menjadi Babinsa, dilanjutkan dengan Koptu Yahya yang meminta difasilitasi alat untuk pembuatan pupuk cair seperti molen untuk pencampuran, sertu Asmulyadi yang meminta kepada Presiden untuk memberikan motivasi supaya bisa di kampung, bisa terealisasi dengan listrik, dan yang terakhir Serka Darwis yang meminta kiranya rekan-rekan dari Babinsa di Kampung yang masih banyak yang belum memiliki/mendapat kendaraan roda dua agar dapat dipenuhi.

“Ini yang saya senang, disuruh minta hadiah masih memikirkan yang ada di sana,” kata Presiden Jokowi menanggapi aspirasi keempat anggota Babinsa itu.

Jokowi rupanya tak puas. Dia berharap empat Babinsa tersebut meminta hadiah untuk keperluan pribadinya, namun hal itu tak dia dapat.

"Yang saya tanya pribadi, Pribadi bapak-bapak ini ingin apa? Ini nggak ada yang minta, ya sudah," katanya

"Beneran nih?" tanya Jokowi meyakinkan. Namun prajurit tersebut menutup mulutnya rapat.

"Diberi kesempatan sama Presiden nggak diambil, ya sudah," kata Jokowi.



Namun di akhir acara sebelum meninggalkan lokasi, panita penyelenggara menyampaikan bahwa Presiden Jokowi akan memberikan keempat Babinsa itu hadiah Umroh sebagai tanda jasa telah mengabdi dengan baik kepada daerah tempat bertugas masing-masing.

Sebelumnya Panglima TNI Hadi Tjahjanto dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut dihadiri oleh 2.000 Babinsa Kodam XIV Hasanuddin dari jumlah keseluruhan sebanyak 3.800 yang tersebar di 3 provinsi, 47 kabupaten, 594 kecamatan dan 5.972 kelurahan/desa.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi 4 Babinsa atas kerjanya membantu masyarakat. menurutnya Babinsa menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah mensukseskan program pembangunan yang ada di desa

“Mereka juga berperan ikut mensukseskan, program dan keberhasilan pembangunan pemerintah,” kata Panglima TNI

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "TEMUKAN PUPUK KOPRAL, BABINSA MA'RANG DAPAT HADIAH DARI JOKO WIDODO"