Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TAHUN INI REKRUTMEN DAN SELEKSI CPNS HANYA MELALUI SATU PINTU


Rekrutmen CPNS 2018 akan berbeda dengan tahun lalu. Bila sebelumnya menggunakan sistem pendaftaran online Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan kementerian/lembaga (K/L) penyelengga, kini diubah.

Menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, tahun ini sistem pendaftarannya satu pintu, yaitu melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Jadi seluruh pendaftar tidak lagi mendaftar di website K/L lainnya.

"Kenapa diubah, karena tahun lalu banyak nama pesertanya ganda sehingga data Panselnas dan K/L berbeda," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana yang juga ketua Panselnas CPNS 2018

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto mengemukakan, mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS dilakukan terpusat. 


Seluruh seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) oleh BKN. Dalam hal ini BKN sendiri yang menjadi pelaksana panitia seleksi nasional CPNS tahun anggaran 2018.

“Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik,” kata Iwan sebagaimana dikutip Alagraph dari laman setkab.go.id, Kamis (12/7/2018).

Tahun sebelumnya, seleksi CPNS dilakukan oleh setiap kementrian atau instansi terkait.Selain perubahan proses seleksi, pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional melalui laman sscn.bkn.go.id. Untuk itu, tidak ada lagi pendaftaran melalui portal mandiri oleh kementerian atau instansi.

Dengan perubahan mekanisme ini, diyakini Deputi Sinka BKN, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu. Mengenai pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS, sejauh ini belum ada jadwal resmi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "TAHUN INI REKRUTMEN DAN SELEKSI CPNS HANYA MELALUI SATU PINTU"