Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PARTISIPASI PEMILIH MENURUN, KETUA KPU PANGKEP TUDING HUJAN PENYEBABNYA



Tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2018 di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) hanya mencapai 68 persen dan belum mencapai target. Angka partisipasi tersebut itu diakui Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Pangkep M.Burhan Jati

Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) kabupaten Pangkep sebesar 236.005 pemilih itu terdiri atas 113.084 pemilih laki-laki dan 122.921 pemilih perempuan. Ada pun jumlah TPS sebanyak 649. namun hanya sebanyak 68 persen berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam pilgub serentak Provinsi Sulawesi Selatan.

"hanya 160.539 dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 236.005, ini jelas menurun di Pilgub 2018 ini hanya sekitar 68 persen dibanding pilkada 2015 lalu itu sekitar 73 persen," kata Burhan di Pangkajene, Jumat (7/7/2018).

Meski sebelumnya pihak KPU Pangkep sudah berupaya menaikan tingkat partisipasi pemilih untuk memilih di pilgub sulsel 2018 baik melalui kegiatan kegiatan kampanye KPU maupun melalui media massa dan baleho serta spanduk namun Burhan menyebutkan, ada banyak faktor yang menyebabkan partisipasi pemilih di pangkep menurun.

"Salah satu faktornya, banyak perantau yang keluar kabupaten Pangkep. Mereka yang perantau tentu tidak pulang sehari hanya untuk mencoblos," ujarnya.

Selain itu menurut Burhan, faktor cuaca yang kurang bersahabat saat pemilihan berlangsung, juga mempengaruhi para pemilih enggan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Saat Pilgub 2018, Pangkep diguyur hujan deras, masyarakat tentu berfikir 2 kali datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)," pungkasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "PARTISIPASI PEMILIH MENURUN, KETUA KPU PANGKEP TUDING HUJAN PENYEBABNYA"