Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MASA JABATAN ANDI YATRIB SELESAI, JABATAN SEKDA PANGKEP LOWONG


Jabatan Sekertaris Daerah (Sekda) Depenitif Pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) kembali mengalami kekosongan setelah dijabat selama tiga bulan oleh Andi Yathrib Pare, setelah dilantik pada 11 April 2018 lalu oleh bupati Pangkep H. Syamsuddin Hamid, SE.

Pasalnya, penjabat Sekkab Pangkep yang sebelumnya dijabat oleh Drs Andi Yatrib Pare setelah ditinggalkan H Efendy Kasmin,tanggal 11 April 2018 lalu karena pensiun telah berakhir pertanggal 11 Juli 2018 kemarin.


Hal itu sesuai SK pengangkatan dan akhir masa penjabat Sekda tersebut selama 6 bulan. Diketahui, Andi Yatrib Pare sebagai Penjabat Sekkab Pemkab Pangkep, sejak bulan Januari 2018 lalu, dimana dalam aturan Perpres nomor 3 tahun 2018, tentang pengangkatan penjabat Sekertaris daerah maksimal 6 bulan.

Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana membenarkan hal ini saat ditemui awak media di Kantor Bupati Pangkep. Menurut Syahban, hari Kamis kemarin kursi Sekda Pangkep lowong karena bupati belum menunjuk siapa Pelaksana Harian (Plh) Sekda.


“Plh bisa orang baru, bisa juga penjabat sekarang (Andi Yathrib). Kita tunggu bupati pulang dari Jakarta, itu kewenangannya,” lanjutnya.
 
Ia menjelaskan sesuai aturan Perpres Nomor 3 tahun 2018 masa jabatan penjabat sekda paling lama enam bulan. Saat ini, ujar Syahban, Pemkab diharuskan untuk menunjuk penjabat sekda baru untuk masa jabatan tiga bulan yang bertugas melaksanakan lelang jabatan sekda. 


“Sesuai aturan, bupati harus menunjuk Plh (pelaksana harian) sekda yang bertugas seminggu sebelum ada penjabat sekda yang dilantik,” kata Syahban.
 
Syahban juga enggan mengomentari dua nama calon penjabat Sekda Pangkep yang beredar dikalangan ASN (Aparatur Sipil Negara) diantaranya, Kepala Dinas Pengelola Keuangan Jumliati dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sunandar.

“Tunggu Pak Bupati. Siapapun yang ditunjuk menjadi pejabat adalah hak bupati,” pungkasnya. 



Tambahnya, Sambil menunggu usulan disetujui, Andi Yatrib masih dipercayakan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekkab Pemkab Pangkep. 

“Tidak ada lagi istilah Pelaksana tugas (Plt). Penjabat juga sekarang paling lama tiga bulan, dan boleh diperpanjang tiga bulan yang artinya jabatan penjabat maksimal 6 bulan. Jadi untuk saat ini jabatan itu lowong dan hanya diisi oleh pelaksana harian,”kata Wakil Bupati Pangkep, H Syahban Sammana,

Sementara itu Pejabat Sekda Pangkep, Andi Yathrib yang dihubungi membenarkan jika masa jabatannya berakhir hari ini.


 “Saya bukan penjabat sekda lagi, namun saya masih ditunjuk sebagai Plh Sekda Pangkep,” ucapnya singkat.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "MASA JABATAN ANDI YATRIB SELESAI, JABATAN SEKDA PANGKEP LOWONG"