Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HINDARI SALAH SASARAN, RUMAH PENERIMA RASTRA DITEMPEL STIKER


Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan mulai medistribusikan stiker dan melakukan penempelan stiker di setiap (rumah) penerima bantuan sosial beras sejahtera (Rastra). Hal tersebut dilakukan sebagai kontrol sosial bagi masyarakat yang layak dan tidak layak menerima rastra.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Pangkep, Sulfida Hasan, menurut ida nama sapaan akrabnya bahwa setiap warga miskin penerima rastra di kabupaten pangkep wajib memasang stiker dirumah masing-masing agar memudahkan validasi data penerima rastara.

“Nantinya keluarga penerima manfaat wajib memasang stiker tersebut di rumah masing-masing, untuk memudahkan validasi data. Ini sudah melalui petunjuk bapak Sekda Pangkep dan kita sudah distribusikan mulai kamis kemarin,” ungkap Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Pangkep, Sulfida Hasan, Jumat (6/7/2018) lalu

Untuk saat ini Stiker berukuran 30×10 centimeter tersebut sudah didistribusikan ke sejumlah desa/kelurahan yang ada di 4 kecamatan daratan di Pangkep, yakni Kecamatan Bungoro, Tondong tallasa, Balocci dan Minasatene,dan selanjutnya akan menyusul kecamatan lain yang ada di kabupaten Pangkep. menegaskan, agar penerima manfaat tidak menghilangkan atau merobek stiker yang sudah ditempel, karena pihak pendata saat ini selain mencocokan data, stiker tersebut juga ikut menjadi acuan pendataan.

“Jadi kalau di data ada namanya, trus dia robek stikernya, berarti secara otomatis namanya tercoret dari data, ini juga salah satu cara untuk menanggulangi kemiskinan,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Pangkep, H.Syamsuddin Hamid, SE mengatakan, pentingnya pemutakhiran data oleh Lurah dan Desa. Mengingat jumlah data penerima manfaat berbeda dengan pembagiannya karena data yang digunakan kadaluarsa.

"Pembagian ke penerima mamfaat harus dibicarakan dengan tepat. Begitupun bantuan pangan non tunai yang disalurkan melalui bank supaya tidak menyusahkan penerima manfaat," ungkap Syamsuddin.

Sebelumnya beberapa bulan lalu pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mengusulkan kepeda pemerintah kabupaten Pangkep pembuatan stiker tersebut, Sebagaimana disampaikan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sulawesi Selatan, Since Erna Lamba, di Pangkep, usai memberikan materi pada kegiatan sosialisasi ketentuan pagu Rastra dan BPNT, di ruang pola kantor Bupati Pangkep Kamis (29/3/2018). beberapa bulan lalu.

Menurut since hal ini untuk menanggapi massifnya issu data penerima manfaat yang tidak tepat sasaran, Since mengusulkan, Pemkab Pangkep bisa melakukan pendataan kepada warganya yang miskin, by name by address. Begitupun bagi warga yang mendapati beras yang tidak layak, untuk mengembalikannya agar diganti oleh bulog.

"stiker tersebut sebagai ide kreatif agar Rastra dapat betul-betul tepat sasaran.Salah satu ide kreatif, dengan stiker, kalau dia tidak layak pasti akan malu, dia pasti lapor ke Pak Desa, 'maaf saya tidak layak, saya orang mampu, itu juga bagian dari kontrol sosial," ujar Since kala itu.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "HINDARI SALAH SASARAN, RUMAH PENERIMA RASTRA DITEMPEL STIKER "