Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HINDARI KESALAHAN INPUT DALAM PENDAFTARAN CPNS 2018, BEGINI CARANYA



Bersiap-siaplah bagi Anda yang bercita-cita jadi abdi negara melalui jalur penerimaan CPNS 2018.
Menteri PAN RB Asman Abnur dua pekan lalu melansir pendaftaran CPNS 2018 akhir Juli atau awal Agustus 2018 ini. Calon pelamar CPNS wajib tahu, Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 di www.kemenpan.go.id, Pendaftaran di sscn.bkn.go.id.

Meskipun belum dibuka, tak ada salahnya memahami alur pendaftaran melalui website SSCN. Ada beberapa tahap penting yang harus diperhatikan oleh pelamar. Di antaranya terkait pembuatan akun SSCN, login dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Password, mengisi biodata, hingga tahap pengunggahan dokumen persyaratan.  Meski terdengar sederhana, ada banyak masalah yang timbul terlebih saat proses pengunggahan dokumen.

 “Mereka bingung kenapa nggak bisa kirim (dokumen dalam) format .jpeg,” ujar Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar-Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi, Minggu (29/7/2018).

Karena itu, Diah mengatakan agar pelamar mengunggah dokumen persyaratan dalam bentuk .jpg dan .pdf. Ukuran file sendiri pun tidak bisa melebihi 300KB per file.

Banyak calon pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 menanyakan kepada BKN kenapa website sscn.bkn.go.id belum bisa diakses hingga Minggu (29/7/2018). Simak baik-baik info berikut, berikut 3 tahapan penting penerimaan CPNS 2018 semoga bermanfaat.

1. Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 oleh Kemenpan
Alur penerimaan CPNS 2018 dimulai dengan pengumuman pendaftaran CPNS 2018 oleh Kemenpan RB melalui website resminya www.menpan.go.id.
Jadi calon pelamar, harus memantau menpan.go.id.
Kapan pengumuman pembukaan pendaftaran?
Pekan lalu,  Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abrar, mengkonfirmasikan pengumuman pendaftaran dibuka paling telat akhir Juli 2018 ini. Semoga akhir pekan atau paling telat awal pekan depan sudah terealisasi ya. 

2. Setelah pengumuman Kemenpan, Pelamar mendaftar di sscn.bkn.go.id
Setelah pengumuman pendaftaran di www.kemenpan.go.id selanjutnya calon pelamar melakukan pendaftaran lewat website https://sscn.bkn.go.id

3. Unggah dokumen ke sscn.bkn.go.id
Dokumen yang dipersyaratkan untuk melamar CPNS 2018 juga diumumkan bersamaan dengan pengumuman pendaftaran CPNS 2018.


Pendaftaran CPNS 2018 di website sscn.bkn.go.id mengsyaratkan foto latar warna merah dan ukuran filter tertentu. Jika berminat mendaftar CPNS 2018, semoga berkas atau dokumen Anda sudah siap.
Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) memang belum dibuka.Nantinya, jika sudah dibuka, para calon pendaftar hanya bisa melakukan pendaftaran melalu laman resmi sscn.bkn.go.id.

"Pastikan ukuran file yang akan di upload tidak melebihi 300 Kb per file, format file dalam bentuk PDF, apabila melebihi ukuran tersebut maka dengan otomatis file atau berkas yang akan anda upload atau kirim akan gagal atau ditolak,” demikian yang ditulis dalam laman tersebut.

Sementara, ukuran file upload maksimal sebesar 200KB untuk pas foto berwarna, dan 300KB untuk file lain. Tak hanya itu, saat mengupload berkas dan foto, BKN mengimbau kepada calon peserta untuk memastikan terhubung dengan koneksi internet yang cukup besar. Calon pelamar juga diharapkan membersihkan cache hingga cookies (riwayat history) agar proses pengunggahan berkas berjalan cepat dan lancar.

“Gunakan paket internet yang menyediakan space bandwith besar supaya dalam pengiriman file atau berkas bisa berjalan lancar dan sesuai dengan kuota yang telah disediakan,” tulisnya.

Ini menjadi satu hal yang penting. Pasalnya, dokumen yang sudah diupload tidak bisa diunggah ulang.

 “Agar Anda berhati-hati dalam mengunggah dokumen, pastikan sesuai dengan persyaratan dan dicek ulang kembali sebelum melakukan proses upload."

Oleh karena itu, untuk menghindari masalah yang akan timbul di tengah pendaftaran, calon peserta sebaiknya mempersiapkan syarat dengan seksama. Adapun Dokumen yang Harus Dipersiapkan untuk S1 atau tenaga profesional antara lain:

1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:
1. Materai Rp 6.000
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi ijazah/STTB
4. Fotokopi ijazah SD
5. Fotokopi ijazah SLTP
6. Fotokopi ijazah SLTA.

Pendaftaran CPNS 2018 tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Pastikan untuk menghindari dan juga melaporkan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan pemerintah penyelenggara CPNS.
(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "HINDARI KESALAHAN INPUT DALAM PENDAFTARAN CPNS 2018, BEGINI CARANYA"