Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATASI LIMBAH TINJA, PEMKAB PANGKEP AKAN BANGUN IPTL DI BUNGORO


Maraknya pembangunan perumahan di kabupaten pangkep serta tingginya minat masyarakat memiliki perumahan di kabupaten Pangkep tentunya akan menciptakan dampak lingkungan salah satunya adalah masalah limbah tinja manusia yang pastinya akan memenuhi sefetytang yang otomatis akan berdampak pada kwalitas air bersih pada daerah tersebut dan tentunya akan memerlukan perhatian khusus mulai saat ini

selama ini, limbah tinja rumah tangga belum diperhatikan, bahkan satu rumah tangga selama puluhan tahun tak pernah menyedot lumpur tinja dalam septitank, akibatnya lumpur tinja terserap ke dalam tanah.Sebab dalam tinja terdapat bakteri berbahaya. Jika tidak diperhatikan dengan baik pembuangan tinja di sembarang tempat dapat menjadi masalah serius di kabupaten pangkep, Maka dari itu penanganan lumpur tinja sangat perlu untuk diperhatikan

Atas dasar tersebut menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kabupaten Pangkep dan telah melakukan pertemuan dengan Kementrian PUPR, Direktorat Jenderal Pengembangan, Penyehatan Lingkungan dan Pemukiman (PPLP) yang bersedia mengucurkan anggaran sebesar Rp4,6 Miliar tahun ini untuk membangun Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep)

“Alhamdulillah, kita dapat 4,6 Miliar bantuan APBN, akan kita kerjakan proyeknya tahun ini, mudah-mudahan bisa rampung akhir 2019 nanti, Nantinya IPLT ini seluruh limbah tinja warga akan diolah menjadi pupuk cair untuk bisa dimanfaatkan warga” Ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangkep, Ir.Agussalim, MM.

Rencananya IPLT tersebut akan di tempatkan di belakang Terminal Baru Bungoro Pangkep, yang didesaign di bawah tanah dengan taman dan area terbuka di atasnya.

Bantuan IPLT senilai 4,6 Miliar ini merupakan bantuan kedua kalinya dari Pemerintah Pusat, Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup Pangkep, juga pernah mendapat bantuan sebesar 14 Miliar untuk pembangunan TPA.


                                                       Video Sistem Pengelolaan IPLT

Diketahui Fungsi Instalasi pengolahan lumpur tinja merupakan instalasi pengolahan air limbah menerima lumpur tinja melalui mobil (truk tinja). IPLT dirancang untuk mengolah lumpur tinja agar tidak lagi membahayakan bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.Pada IPLT ini terdapat beberapa tangki dan kolam. Limbah akan diolah mulai dari kolam Anaerobik untuk menguraikan limbah organik, hingga mencapai kolam maturasi yang merupakan tahap terakhir dari kolam stabilisasi.

Hal ini Untuk mencegah dan mengurangi kontaminasi tinja terhadap lingkungan, maka pembuangan kotoran manusia harus dikelola dengan baik. Pembuangan kotoran harus di suatu tempat tertentu seperti jamban. Jamban juga harus tidak mengotori permukaan tanah di sekelilingnya.

(ADM-KP)



Posting Komentar untuk "ATASI LIMBAH TINJA, PEMKAB PANGKEP AKAN BANGUN IPTL DI BUNGORO"