Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PUTU CANGKIRI KUE KHAS ASAL PANGKEP.


Meskipun ada banyak sekali kue khas Pangkep yang dikenal di Indonesia, namun setiap menjelang malam dan pagi hari para warga lebih memilih untuk keluar rumah mencari kue putu cangkiri sebagai menu sarapan atau jajanan pagi dan di malam hari. 

Kue putu cangkiri terbuat dari beras ketan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bagian bawahnya menyerupai cangkir apabila posisinya sengaja diletakkan terbalik. Karena dibuat dari beras ketan, kue ini cukup mengenyangkan dan memang cocok sekali sebagai pengganjal perut, harganya pun sangat terjangkau. Bila jalan-jalan di kota Makassar atau Pangkep, Anda bisa menemukan penjual kue tradisional khas Pangkep termasuk kue putu cangkiri ini. Resep kue putu cangkiri ini sangat mudah dan pasti enak di lidah.

Meski di kota Makassar banyak penjual kue putu cangkiri sehingga orang luar Sulawesi Selatan lebih mengenal kue putu cangkiri adalah kue khas Makassar namun setelah ditelusuri ternyata penjual kue putu cangkiri yang ada di Makassar adalah keturunan orang pangkep seperti penjual putu cangkiri terkenal yang ada di jalan pabaeng baeng makassar milik daeng Idris dia adalah warga jalan bolu pacellang kelurahan boriappaka Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep)


Bahan:
Kue khas Pangkep yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik dan dari segi rasa, kita bisa merasakan rasa gurih dan kenyal dari beras ketannya. Namun dalam resep ini, kita akan menggunakan dua macam tepung, yakni tepung beras dan tepung ketan.

Bahan :
150 gram beras (sangrai beras sampai putih sedikit kecoklatan, dinginkan, blender, ayak menjadi tepung, lalu sangrai lagi sebentar)
75 gram beras ketan (sangrai beras ketan sampai matang, dinginkan, blender, ayak, lalu sangrai lagi sebentar)
200 gram gula merah campur dengan 75 ml air, didihkan hingga gula larut. Dinginkan.
1/2 kelapa agak tua diparut

Cara membuat :
  1. Campur jadi satu tepung beras dan tepung ketan, aduk hingga rata.
  2. Masukkan air gula, uleni hingga rata, adonan tepung masih berbentuk serbuk atau bubuk yang lembab (seperti adonan kue satu kacang ijo)
  3. Masukkan sesendok adonan tepung ke dalam cetakan muffin, cetakan kue mangkok, atau cetakan pie lalu masukkan kelapa parut, timpa lagi dengan adonan tepung. Jangan ditekan, biarkan saja.
  4. Kukus dengan api sedang selama kurleb 10 menit atau sampai matang.
  5. Angkat, dinginkan.
  6. Hidangkan kue putu cangkiri ini selangi masih hangat dengan teh atau kopi panas

Karena ada banyak sekali kue khas Pangkep mungkin Anda merasa kebingungan untuk memilih membeli yang mana, namun jika Anda suka makanan ringan yang terbuat dari beras ketan, maka Anda bisa memilih kue putu cangkiri ini yang sudah jelas rasanya lezat dan gurih.

Semoga resep kue putu cangkiri di atas bisa membantu Anda mendapatkan camilan yang lezat dan sehat, yang bahan-bahannya mudah sekali untuk ditemukan di supermarket atau toko bahan kue, selamat mencoba dan semoga sukses.

Jika Anda malas membuatnya ada banyak penjual putu cangkiri dipangkep yang dapat direkomendasikan kelesatannya seperti di Kecamatan Minasatene depan puskesmas dan di Pangkajene depan Tugu Bambu Runcing Pangkep .

(ADM-KP)

1 comment for "PUTU CANGKIRI KUE KHAS ASAL PANGKEP. "

  1. Waktu kecil suka makan kue ini di makassar sangat enak

    ReplyDelete