Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUI PANGKEP TETAPKAN 4 LITER BERAS UNTUK ZAKAT FITRAH 2018


Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) telah memutuskan besaran zakat fitrah bagi ummat islam dikabupaten Pangkep, yang harus dikeluarkan tahun ini 2018/1439 H keputusan itu dikeluarkan berdasarkan makanan pokok sehari hari (beras)yang bersangkutan atau dapat dibayarkan melalui mata uang rupiah.

Hal ini merupakan saran saran dan pertimbangan peserta Rapat MUI/PHBI/BAZNAS/Ormas-ormas Islam Kabupaten Pangkep, pada tanggal 24 Mei 2018 lalu di Aula Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pangkep

Besaran Zakat fitrah yang telah ditetapkan dan disepakati bersama adalah 4 Liter beras setiap wajib zakat / setiap orang atau jika diuangkan besarannya adalah Rp. 34.000,- (Tiga Puluh Emapat Ribu Rupiah) Besaran zakat fitrah itu berdasarkan hasil pantauan harga beras rata-rata di Pasar sentral Pangkajene.

Wakil Ketua MUI Kabupaten Pangkep KH. Hasbudin Khalid menjelaskan zakat fitrah merupakan zakat wajib dikeluarkan umat muslim untuk menyempurnakan ibadah puasanya, zakat fitrah ini zakat perseorangan sehingga biaya yang dikeluarkan sesuai jumlah pribadi orang tersebut kepada fakir miskin. Senin (4/6/2018)

Dirinya turut menghimbau agar dapat mengeluarkan zakat sedini mungkin tanpa harus menunggu akhir ramadhan agar tidak terlambat membayar zakat fitrah bagi yang melalui Badan Amil Zakat atau Unit Pengumpul Zakat sehingga punya waktu banyak untuk mengumpulkan dan membagikannya kepada yang berhak menerima zakat fitrah tersebut.

"Bagi Masyarakat yang zakat fitrahnya ke Badan Amil Zakat hendaknya sudah dimulai sejak petengahan puasa, karena kalau sudah terkumpul badan amil akan langsung membagikan langsung kepada Asnabnya. Hmbaunya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "MUI PANGKEP TETAPKAN 4 LITER BERAS UNTUK ZAKAT FITRAH 2018"