Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

EMPAT JENIS KUE PUTU YANG DAPAT KITA JUMPAI DI PANGKEP


Berbagai makanan khas Sulawesi Selatan khususnya di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang berbahan dasar daging dan ikan bisa kita jumpai hampir  di setiap sudut kota Bandeng. Namun, tidak demikian dengan kudapan ringan berkarakter khas Bugis – Makassar. Putu, misalnya.

Putu pada dasarnya berbahan dasar tepung beras atau kacang hijau yang diolah dalam berbagai cara. Resepnya pun berbeda-beda. Namun, setiap pengolahan Putu selalu sederhana, tidak ribet merepotkan. Sama halnya dengan kue-kue tradisional lain, meski diolah sederhana, namun memiliki citarasa yang selalu dirindukan utamanya para perantau yang ada di luar daerah sulawesi selatan.

Seperti didaerah lain di Sulawesi Selatan di kabupaten Pangkep dikenal 4 macam olahan dan jenis kue Putu yang masih bisa kita jumpai -meski tidak lagi begitu mudah- yang ada di kabupaten Pangkep
.
4 Jenis Kue Putu Tradisional Sulawesi Selatan yang ada di Pangkep:

 1. Putu Tongka atau disebut Putu Labbu (Panjang)
Bentuknya silinder panjang. Warnanya putih dari tepung beras dan kelapa parut tanpa disangrai. Rasanya gurih dan renyah. Jika ingin menambah rasa, bisa kita siapkan gula pasir untuk dicocol. Putu jenis ini paling pas disantap saat sarapan, sebab bentuk dan kepadatan sebiji saja cukup membuat anda kenyang.

 2. Putu Menangis
Rasanya manis dan teksturnya legit juga lembut. Gula merah yang meleleh di tengahnya sangat pas bertemu aroma pandan dari adonan tepung beras. Putu ini sering ditemukan kala malam di lorong-lorong kota Makassar. Suara khas dari penjual putu menangis begitu melekat di telinga orang-orang Makassar. Disebut putu menangis, sebab suaranya kadang terdengar pilu memecah hening malam


3. Putu Cangkiri’
Putu cangkiri adalah penganan yang terbuat dari beras ketan berbentuk seperti cangkir ataucangkiri’dalam bahasa Makassar. Putu cangkiri biasa dibuat dalam dua rasa berbeda. Dengan gula merah atau dicampur gula putih (gula pasir). Putu cangkiri’ berisi kelapa parut segar sehingga rasanya manis dari gula yang dipadu rasa kelapa yang gurih membuat putu jenis ini sangat sedap disantap selagi masih hangat.

 4. Putu Kacang
Sesuai namanya, putu ini terbuat dari kacang, tepatnya biji kacang ijo kering yang telah ditumbuk halus. Campuran lainnya, yakni gula pasir yang juga ditumbuk hinggal halus. Kedua bahan tersebut dicampur lalu diaduk hingga betul-betul menyatu. Setelah itu adonan tersebut dijejalkan ke dalam cetakan. Cetakan-cetakan yang telah dibuat kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari hingga betul-betul mengeras. Putu ini sangat nikmat dicecap bersama teh atau kopi hangat. Karena bertahan lama, putu ini bisa dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Pangkep Sulawesi Selatan.

(ADM-KP)

Post a Comment for "EMPAT JENIS KUE PUTU YANG DAPAT KITA JUMPAI DI PANGKEP"