Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AWAS, SELFI DALAM BILIK SUARA BISA KENA PIDANA PENJARA 1 TAHUN


Masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya saat Pemilihan Gubernur secara serentak 27 Juni 2018 yang tinggal menghitung hari, dilarang membawa handphone ataupun kamera ke dalam Bilik Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jika melanggar, terancam sanksi pidana. hal ini dilakukan agar kerahasian suara pemilih tetap terjaga dan menghindari modus kecurangan money politik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur Bupati dan Walikota yang di dalamnya dibahas terkait larangan untuk memberitahukan pemilihan kepada orang lain. Jika dilanggar, maka yang bersangkutan diancam dengan hukuman 1 tahun penjara.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo, usai apel siaga jajaran pengawas TPS, di Pangkep, Sabtu (23/6/2018), selain meminta pengawas TPS untuk memastikan hak setiap pemilih dapat tersalurkan sebagaimana mestinya, juga memastikan pemilih tidak membawa hp atau kamera ke dalam TPS.

"Kita akan pastikan tidak ada pemilih yang bawa HP atau kamera ke dalam bilik TPS, Biasanya, pemilih yang membawa ponsel atau kamera kebilik suara adalah modus money politic dari tim sukses tertentu, Kecuali petugas TPS kita yang memang kita wajibkan membawa kamera. Untuk mendokumentasikan C1 plano" ujar Dewi.

Larangan ini hanya berlaku saat pemilih hendak masuk ke bilik suara. Bila di luar bilik suara, tentu keberadaan handphone atau kamera tidak akan dipersoalkan oleh petugas TPS.

Dikatakan Dewi, dokumentasi oleh pengawas TPS tersebut penting bagi proses pengawasan sebagai data pembanding terhadap proses perhitungan di TPS. Namun, bukan untuk tujuan lain, dokumentasi yang dilakukan pengawas TPS tersebut adalah dalam rangka proses pengawasan.

"Back up dokumen itu akan menjadi data pembanding, karena C1 Plano kan tidak kita pegang, sehingga untuk memastikan yang tertuang di C1 plano sesuai dengan data yang tertuang di c1, salah satunya dokumentasi oleh pengawas TPS tersebut," ungkap Dewi.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "AWAS, SELFI DALAM BILIK SUARA BISA KENA PIDANA PENJARA 1 TAHUN "