Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEBULAN KABUR DARI RUTAN PANGKEP, JALALUDDIN AKHIRNYA DIBEKUK DI MAKASSAR


Setelah buron selama sebulan Jalaluddin (39), seorang narapidana yang kabur di Rutan Kelas II Pangkep, akhirnya dapat di bekuk oleh Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel. Pelaku diamankan di rumah rekannya di Jalan Kalimantan, Kecamatan Wajo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Jalaluddin diketahui kabur sejak tanggal 28 April 2018 padahl sisa hukuman Jalaluddin tinggal sebulan lamanya di Rutan Kelas II Pangkep saat ia menjalani proses hukuman dalam kasus pelanggaran Undang-Undang Darurat terkait penggunaan bom ikan, yang didakwakannya.

Hal ini dibenarkan oleh Dantim Timsus Polda Sulsel Bripka Ismail saat ditemui awak media di Posko Timsus Polda Sulsel, Ismail menjelaskan, setelah tersangka kabur, pihak Rutan Pangkep langsung berkoordinasi dengan Polres Pangkep, kemudian memberikan tembusan kepada Timsus Polda Sulsel. Ismail menambahkan Timsus Polda Sulsel langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan lokasi persembunyian di Kota Makassar.

"Betul, kami berhasil amankan seorang tahanan Rutan Pangkep yang kabur di Makassar. Kami lakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku," ujar Dantim Timsus Polda Sulsel Bripka Ismail saat ditemui di Posko Timsus Polda Sulsel, Jalan Pengayoman, Makassar, Rabu (30/5/2018) malam.

Pelaku berhasil ditangkap pasca mendapat laporan dari warga, bahwa Jalaluddin (pelaku) tengah berada di rumah keluarganya tepatnya di Jalan Pasar Cidu, Wilayah Pelabuhan Kota Makassar.

"Kita dapatkan informasi keberadaan pelaku yang berada di rumah keluarganya, sehingga anggota bergerak cepat dan berhasil meringkusnya, Masa tahanan napi ini tinggal sebulan lagi. Jadi dia diberi kebebasan untuk bekerja ringan, namun dimanfaatkan untuk kabur" terangnya.

Saat menangkap tersangka, sambung Ismail, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti berupa sebilah badik. Badik itu dibawa pelaku untuk menjaga diri.

"Saat diamankan, kita geledah dan membawa sebilah badik, mungkin untuk jaga diri. Kemudian pelaku telah kita amankan di Posko Timsus Polda," terangnya.

Sementara itu, Jalaluddin mengatakan dia nekat kabur lantaran terbelit utang. Jalaluddin juga mengaku butuh uang untuk membayar denda hukuman sesuai vonis hakim yang dijatuhkan kepada dirinya. ia juga mengaku telah 1 bulan bersembunyi di Kota Makassar

"Saya Pak tidak kabur ji, cuma keluarka kodong mau saya bayar subsiderku, karena saya susah cari uang di dalam, ada utang juga, Saya kabur tanggal 28 April 2018 lalu, jadi sudah sekitar satu bulan saya berada di Jalan Pasar Cidu Kota Makassar," kata Jalaluddin saat ditemui di Posko Timsus Polda Sulsel, Jalan Pengayoman Kota Makassar, Rabu (30/5/2018) malam.

Saat ini pelaku masih berada di Posko Timsus Polda Sulsel untuk memberikan keterangan lebih lanjut. Kini Jalaluddin akan diserahkan kepada petugas di Rutan Kelas II Kabupaten Pangkep untuk proses hukum lebih lanjut. Pelaku harus kembali menjalani hukuman dalam kasus yang berbeda.

"Selanjutnya kita berkoordinasi dengan pihak Rutan Pangkep untuk segera diambil kembali," tutupnya.

 (ADM-KP)

Posting Komentar untuk "SEBULAN KABUR DARI RUTAN PANGKEP, JALALUDDIN AKHIRNYA DIBEKUK DI MAKASSAR"