Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SAMBUT PROGRAM PKTD JOKOWI, BPMD PANGKEP RINTIS JALAN TANI DI MALAKA


PKTD atau program Padat Karya Tunai di Desa saat ini sangat gencar dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).
Padat karya tunai sendiri merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, agar lebih produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal demi memberikan tambahan upah atau pendapatan, mengurangi kemisikinan, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal ini disambut baik oleh Pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Abdul Haris menyebutkan kebijakan Presiden Joko Widodo berupa PKTD yang ditindaklanjuti oleh Kemendes PDTT tersebut  perlu didorong agar  ke depan Dana Desa dapat digunakan lebih banyak lagi untuk mendukung sarpras desa guna meningkatkan  produksi pertanian, seperti  irigasi dan embung.

Hal itu disampaikan saat meninjau lokasi kegiatan PKTD Tahap I di Desa Malaka. Kegiatan tersebut berupa  perintisan jalan tani dengan volume 464 M x 2,5 M dengan anggaran dari DD sebesar Rp68.707.000. Dia didampingi  Pamong Senior, Abd.Rahman dan Tenaga Ahli Infrastruktur Desa (TA-ID), Kab.Pangkep Wudi Darul Putra, (6/5/2018)

Abdul Haris menyatakan, program Padat Karya Tunai (PKT)  sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa. "Dengan upah (HOK) sebesar Rp58.792.500 minimal dapat melibatkan  tenaga kerja desa sebanyak 53 orang," ujarnya.

Selain di lokasi desa tersebut, Kadis dan rombongan juga  melakukan monitoring pelaksanaan PKTD di Desa Bulutellue, Kecamatan Tondong Tallasa, yaitu berupa pembangunan Talud dan Jalan Rabat Beton dengan volume 87x3 meter dan Anggaran Rp 111.320.200,-  Biaya Upah sebesar Rp 34.881.000,- dengan jumlah pekerja 37 orang.

Kegiatan PKTD lain yang juga ditinjau Kadis adalah Pembangunan Jembatan Tani sepanjang 20 meter yang akan dibangun bersama dengan Desa Malaka di Tahap 2. Menurutnya dengan berbagai kegiatan PKT Desa  yang dikunjungi tersebut, Abdul Haris optimis  akan terjadi percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang nantinya akan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga Desa, katanya.

Sementara itu menurut TA-ID Kab. Pangkep, Wudi, mengakui  perlunya sosialisasi dan fasilitasi masyarakat dalam meningkatkan peran dan partisipasi mereka dalam pembangunan desa, baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawalan sehingga DD dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "SAMBUT PROGRAM PKTD JOKOWI, BPMD PANGKEP RINTIS JALAN TANI DI MALAKA"