Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENDIDIKAN DAN KESEHATAN MASIH MENJADI MASALAH UTAMA DIPANGKEP

 

Masalah kesehatan dan pendidikan rupanya menjadi topik masalah utama dikabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) utamanya di daerah kepulauan dan pegunungan diwilayah Pangkep. hal ini terungkap saat Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana membuka Seminar Hasil Laporan Pemetaan Distribusi Sumber Daya Manusia (SDM) Tenaga Pendidikan dan Kesehatan di Wilayah Kepulauan di Lantai III Kantor Bupati Pangkep, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Senin (28/5/2018).

Syahban mengatakan kedua masalah ini menjadi topik utama di wilayah kepulauan Pangkep. Hal itu terjadi karena belum maksimalnya aksebilitas, sarana dan prasarana dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan serta banyaknya penduduk buta aksara.Tidak meratanya guru, terutama di pulau dan banyaknya guru tidak aktif di pulau, adalah masalah lain.

Selain itu, lanjutnya, rasio tenaga medis tidak memenuhi standar, distribusi tenaga medis yang tidak merata dan rasio rumah sakit terhadap jumlah penduduk. untuk itu ia berharap semua stekholder harus bekerja maksimal melengkapi data kesehatan di wilayah tersebut

"Pemetaan pendidikan dan kesehatan tentu sangat urgent di Pangkep. Kami harap KOMPAK yang memfasilitasi ini membantu Pemkab untuk melengkapi data kesehatan dan pendidikan di wilayah kepulauan," ujarnya.

Dia menambahkan, seminar ini memberi saran kepada penentu kebijakan agar memperbaiki masalah pendidikan dan kesehatan.

"Tentu ini masukan ke kita untuk mempertahankan tenaga kesehatan yang bekerja di daerah tertinggal dan menyiapkan tenaga kesehatan dari sisi keterpenuhan jumlah sesuai hasil analisis beban kerja, atau berdasarkan standar ketenagaan minimal maupun dari sisi kualitas yang memadai," jelasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "PENDIDIKAN DAN KESEHATAN MASIH MENJADI MASALAH UTAMA DIPANGKEP"