Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIREKTUR LAPAR SULSEL : REKOMENDASI KASN HARUS DITINDAK LANJUTI BUPATI


Belum adanya tindakan pemberian sanksi kepada ke empat pejabat ASN lingkup Pemkab Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) perihal Surat Rekomendasi Panwas Kabupaten Pangkep ke KASN membuat Direktur Eksekutif Lembaga Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel, Muhammad Iqbal Arsyad angkat bicara, ia mengatakan, rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara harus segera ditindaklanjuti Bupati Pangkep.

"Rekomendasi dari KASN ini adalah amanah UU nomor 5 tahun 2014 jadi harus dieksekusi secepatnya, jadi sanksi tersebut tentu saja akan menjadi pelajaran penting bagi ASN untuk tetap netral dalam berpolitik. Ini mungkin saja akan menjadi contoh untuk ASN di daerah lainnya" kata Iqbal kepada awak media, Senin (28/5/2018).

Dia menceritkan, berdasarkan pengalaman perhelatan Pilkada yang sebelumnya, ASN sangat mudah untuk diarahkan atau dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Sehingga kenetralan ASN dalam Pilkada sangat penting. Selain untuk memastikan standar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan sebagaimana mestinya, juga untuk menjaga kualitas demokrasi yang lebih baik.

"Jika Bupati Pangkep, cepat menindaklanjuti rekomendasi itu akan membuktikan bahwa Pemda Pangkep mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan sistem demokrasi ke arah yang lebih baik,Kalau direcoki kepentingan politik, pelayanan pasti terganggu," ujar Iqbal.

Sebelumnya, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengeluarkan rekomendasi pelanggaran kode etik, kepada 4 pejabat Pemkab Pangkep. KASN menilai empat orang ASN dinilai melakukan pelanggaran kode etik. Keempat orang tersebut adalah, Kepala Dinas BPBD Kabupaten Pangkep Sahaba Nur, Sekretaris BPBD Pangkep H Herman, Kepala Kelurahan Bontoa Andi Kumarni, dan Kepala Kelurahan Kalabirang Adnan Hari.

Dengan Surat Rekomendasi  nomor R-1056/KASN/5/2018 yang bersifat penting tersebut, memuat hasil kajian KASN, atas laporan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pangkep. (tribuntimur.com)

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "DIREKTUR LAPAR SULSEL : REKOMENDASI KASN HARUS DITINDAK LANJUTI BUPATI"