Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BEGINI POLA MAKAN SEHAT ALA RASULULLAH

Selain itu, posisi duduk, dan membaca doa, ada juga contoh dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, yaitu pola makan yang beliau lakukan.
Jika diberikan pilihan, tentu kita akan lebih baik dari junjungan muslim Islam. Sebab, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah teladan kita. Teladan agar hidup menjadi sehat, berkah, dan tentu saja yang kita kerjakan menjadi amal kebaikan.
Ada beberapa rim tentang pola makan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dari berbagai riwayat yang dapat kita percaya.
  1. Saat pagi, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pertama kali bersiwak untuk membersihkan kesehatan mulut dan gigi. Hal ini karena gigi dan mulut adalah salah satu sistem yang sangat penting dalam proses makan.
  2. Pagi hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sarapan dengan segelas air dingin yang dicampur dengan satu sendok madu asli.
  3. Memasuki waktu dhuha atau menjelang siang, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Biasa menggunakan tujuh buah kurma ajwa.
  4. Saat sakit, menu yang disantap Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah cuka dan minyak zaitun, serta makanan pokok berupa roti.
    “Sesungguhnya Rasulullah bersabda:“ Saus yang paling enak adalah cuka. ”
    Abdullah bin `Abdurrahman berkata:" Saus yang paling enak adalah cuka. "
    (Diriwayatkan oleh Muhammad bin Shal bin 'Askar dan' Abdullah bin'Abdurrahman, surat menerima dari Yahya bin Hasan, dari Sulaiman bin Hilal, Hisyam bin Urwah, dari bapaknya yang bersumber dari 'Aisyah RA)
    “Rasulullah melihat bersabda:“ Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi. ”
    (Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Abu Ahmad az Zubair, dan diriwayatkan pula oleh Abu Nu'aim, menerima dari Sufyan, dari 'Abdullah bin' Isa, dari seorang laki-laki ahli syam yang bernama Atha ', yang bersumber dari Abi Usaid ra)
  5. Saat malam, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengonsumsi sayuran. Ada beberapa riwayat yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam selalu mengonsumsi al makki dan sanut. Menurut Prof. Dr. Musthofa, kedua makanan tersebut, di Mesir disebut dengan sabbath dan ba'dunis.
  6. Saat mati tiba, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak sempat tidur setelah makan. Ia selalu bisa menggunakan apa saja yang bisa masuk dengan cepat dan baik, sehingga akan mudah dicerna.
  7. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering kali berolahraga, kadang-kadang dia bekerja dengan anak dan cucu-cucunya.
  8. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sangat tidak menganjurkan untuk begadang. Jadi, dia tidak suka untuk berbincang-bincang dan makan setelah isya. Biasanya dia akan tidur lebih awal agar bisa bangun lebih awal.
Dengan menjalankan pola yang diajarkan Rasulullah , kita akan menyamakan pola tersebut dengan irama biologis tubuh, yaitu siklus pencernaan di dalam tubuh manusia. Insya Allah tubuh kita akan senantiasa sehat. Wallahu Alam Biasawab.
(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "BEGINI POLA MAKAN SEHAT ALA RASULULLAH "