Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ASTAGA, 20 PNS/ASN MALAS PEMKAB PANGKEP DIPASTIKAN AKAN MENERIMA SANKSI


PNS/ASN lingkup Pemerintah Kabupaten  Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) kini harus berhati hati dalam melaksanakan Disiplin Pegawai utamanya masalah kehadiran dalam masuk kerja, pasalnya pemkab Pangkep akan memberlakukan Peraturan Pemerintah (PP) No 53 Tahun 2010. Dalam aturan tersebut, ASN yang tidak hadir tanpa alasan mulai 5 hari kerja berturut-turut hingga 30 hari dan 45 hari atau lebih akan dikenakan sanksi. Sanksi yang diberlakukan mulai teguran lisan, tertulis hingga penundaan kenaikan pangkat hingga pemberhentian secara terhormat dan tidak dengan hormat.

Hal ini diungkap oleh Pejabat sementara Sekertaris Daerah (Sekda) Pangkep Andi Yatrib Pare usai melakukan rapat terbatas  bersama Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di kantor Bupati Pangkep yang membahas tentang sanksi indispliner bagi ASN, yang suka membolos Senin (21/5/2018).

Saat ini menurut Yatrib sudah ada Sebanyak 20 anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Pangkep, dipastikan akan mendapatkan sanksi sesuai aturan yang berlaku. Hal itu karena selama ini para aparat ASN tersebut tidak menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. Sanksi yang akan dikenakan yakni teguran lisan dan tertulis.

Untuk aturan yang diberlakukan kata yatrib, yakni Peraturan Pemerintah (PP) No 53 Tahun 2010. Dalam aturan tersebut, ASN yang tidak hadir tanpa alasan mulai 5 hari kerja berturut-turut hingga 30 hari dan 45 hari atau lebih akan dikenakan sangsi. Sanksi yang diberlakukan mulai teguran lisan, tertulis hingga penundaan kenaikan pangkat hingga pemberhentian secara terhormat dan tidak dengan hormat.

"Jadi dalam aturan tersebut, ASN yang tidak hadir tanpa alasan mulai 5 hari kerja berturut-turut,  30 hari dan 45 hari atau lebih akan dikenakan sanksi. Tingkat kemalasan juga bervariasi, ada yang beberapa hari, hingga berminggu-minggu tidak masuk kantor sehingga perlu penindakan secara tegas" ungkapnya.

Sanksi berjenjang bisa diterapkan sesuai dengan kadar tindakan indisipliner yang dilakukan setiap pegawai. Sanksi yang diterapkan berjenjang akan diberikan bagi pegawai, mulai teguran lisan untuk bolos kerja selama 1-5 hari, teguran tertulis untuk lama bolos 6-10 hari, hingga surat peringatan dari atasan untuk bolos 11-15 hari.

Kemudian, sanksi sedang dikenakan kepada pegawai yang bolos 15-45 hari. Bentuknya berupa penundaan kenaikan gaji, penundaan kenaikan kepangkatan dan/atau jabatan, sampai penurunan jabatan. “Lebih dari itu bisa penurunan pangkat dan jabatan, pemberhentian dengan hormat, sampai pemberhentian tidak hormat,” jelas Yatrib.

Disiplin adalah ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dsb). Jadi, bila disimpulkan secara umum, disiplin merupakan bentuk ketaatan dan kepatuhan kepada sesuatu peraturan yang telah dibuat. Nah, bila dihubungkan dengan tugas dan kewajiban serta larangan untuk abdi negara alias Pegawai Negeri Sipil (PNS), khususnya bagi PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pangkep. 

PERIHAL TIDAK MASUK KERJA, DIPERTEGAS DENGAN DEFINISI TIDAK MASUK KERJA BAIK TERUS MENERUS MAUPUN TIDAK MENERUS, DENGAN RINCIAN SANKSI MENURUT PP 53 TAHUN 2010 SEBAGAI BERIKUT :
NO. KATEGORI HUKUMAN LAMA TIDAK MASUK KERJA TANPA ALASAN YANG SAH SANKSI MENURUT PP 53 TAHUN 2010
1. Hukuman Disiplin Ringan 5 hari Teguran lisan


6 – 10 hari Teguran tertulis


11 – 15 hari Pernyataan tidak puas secara tertulis
2. Hukuman Disiplin Sedang 16 – 20 hari Penundaan Kenaikan Gaji Berkala


21 – 25 hari Penundaan Kenaikan Pangkat



Penurunan Pangkat setingkat lebih rendah paling lama 1 tahun
3. Hukuman Disiplin Berat 31 – 35 hari Penurunan pangkat paling lama 3 tahun


36 – 40 hari Pemindahan (mutasi) dalam rangka penurunan jabatan (eselon) setingkat lebih rendah


41 – 45 hari Pembebasan dari jabatan


> 46 hari Pemberhentian dengan hormat atau tidak dengan hormat
Catatan:
Ø Penghitungan hari kerja selama hitungan masa tidak masuk kerja adalah secara kumulatif dan berkelanjutan (Januari s/d Desember dalam satu tahun) dengan penghitungan dikonversi 1 hari kerja = 7,5 jam
Ø PNS mempunyai hak untuk tidak masuk kerja paling lama 4 hari dalam 1 tahun
Ø Yang dimaksud tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah adalah alasan ketidakhadirannya tidak dapat diterima oleh akal sehat.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "ASTAGA, 20 PNS/ASN MALAS PEMKAB PANGKEP DIPASTIKAN AKAN MENERIMA SANKSI"