Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TUKIN ASN/PNS PEMKAB PANGKEP DIPASTIKAN CAIR BULAN INI


Kabar menggebirakan bagi PNS/ASN Pemda Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Pasalnya tambahan gaji berupa Tunjangan Kinerja (Tukin) bakal cair bulan ini juga. Hal ini diungkapkan oleh Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Andi Yatrib Pare, kepada awak media (9/4/2018)

Yatrib memastikan proses pencairan Tunjangan Kinerja (Tunkin) bagi Aparat Sipil Negara (ASN) yang sedang berproses akan tuntas bulan ini. Namun, tunkin yang dibayarkan hanya untuk dua bulan yakni Januari dan Februari, sedangkan sisanya akan dicairkan selanjutnya dan akan dibayarkan pertiga bulan.

“Kita targetkan bulan ini sudah dibayarkan secara keseluruhan. Pencairannya sementara untuk bulan Januari-Februari, namun belum semuanya, karena masih ada organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengusulkan. Termasuk bagian sekretariat daerah belum cair,”ungkapnya.
 

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pengelola dan Keuangan Daerah Pangkep, Hj Jumliati, bahwa sudah ada perbub tentang pembayaran tukin diterimanya dan sudah siap untuk dibayarkan

"Iya sudah ada surat edaran pedoman pembayaran dan perbup soal pembayaran tukinnya dan sudah bisa dicairkan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tinggal mengajukan SPM dan kelengkapan administrasi lainnya. Kalau sudah lengkap SPM kita sudah bisa bayarkan dan langsung diproses," paparnya pada awak media diruang kerjanya.
Jumliati menambahkan Penerimaan tukin di Pangkep rata 13 persen dengan syarat beban kerja, kehadiran dan dilihat dari nilai jabatan. Nilai nominal pembayaran tukin PNS Pangkep tergantung eselon.



Untuk pencairan tunkin ASN, itu diterima langsung melalui rekening masing-masing. Pembayaran tunkin, mengacu pada kinerja ASN dihitung sesuai dengan jam kerja dan lebih ketat lagi dalam penilaian. Selain itu harus mendapatkan rekomendasi dari kepala OPD masing-masing.

"Jadi yang dibayarkan saat ini Januari hingga Februari 2018 karena itu yang tertera di surat perintah bayar. Khusus Maret 2018 masih perlu melihat kinerja mereka jadi belum bisa dibayarkan," ujarnya

Terpisah, Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid SE mengakui telah menandatangani peraturan perundang-undangan terkait pencairan tunkin bagi ASN. Ia mengakui, ASN yang memiliki catatan kinerja baik akan diberikan apresiasi dalam bentuk tunkin, bukan kenaikan gaji pokok.

Sedangkan ASN yang kinerjanya buruk akan menerima hukuman berupa pengurangan atau tidak menerima tunkin. Olehnya itu, kepada pimpinan OPD untuk serius menilai dan memantau ASN yang berhak mendapatkan tunkin. 


(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "TUKIN ASN/PNS PEMKAB PANGKEP DIPASTIKAN CAIR BULAN INI"