Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JALAN RUSAK PARAH DI CAMBATOA PA'BUNDUKANG SEGERA DIPERBAIKI PEMKAB PANGKEP

 
 Kondisi Jalan Cambatoa Kelurahan Pa'bundukang Yang Rusak Parah 

Warga Cambatoa Kelurahan Pa'bundukang Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) merasa resahsebab jalan yang sehari hari di laluinya sudah rusak parah sepanjang 50 meter karena tanahnya terjadi pergeseran penurunan sedalam 80 centimeter akibatnya jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh satu arah kendaraan saja.


Dari pantauan awak media  jalanan tersebut mengalami penurunan tanah akibat labilnya tanah karena hujan dan beban jalan yang sering dilalui oleh kendaraan berat 10 roda, terlebih lagi jalan tersebut berada pas disamping sungai Pangkajene sehingga kondisi jalan retak-retak dan sudah terkikis pas separuh badan jalan. (29/4/2018)

Untuk mengantisipasi jalan tersebut semakin menurun dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas didaerah tersebut para warga mengambil inisiatif memasangi penanda dari batang pohon kering dan ranting kayu.

Salah satu warga wawan mengaku kondisi jalan ini sudah lama terjadi dan khawatir jalan tersebut akan semakin parah bila tidak ditangani pemkab pangkep segera.

"Kondisi jalan ini sudah lama begini, kalau tidak diperbaiki segera akan lebih parah lagi, mohon kiranya pemda Pangkep segera memberikan perhatian khusus untuk memperbaiki jalan ini segera.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pangkep, Sunandar mengaku telah meninjau langsung kondisi jalan di Kampung Cambatoa, Sunandar mengungkapkan, kondisi jalan tersebut rusak parah, dan tidak layak pakai. Sehingga jika dibiarkan akan meningkatkan resiko bagi pengguna jalan tersebut.

"Besok kita sudah akan desain, apalagi kontraknya sudah ada, tidak ada alasan lagi untuk tidak segera dikerja. Apalagi PPK nya juga sudah mendesak," ujar Sunandar
 
Untuk nilai kontrak pembangunan jalan tersebut, Sunandar masih enggan menyebutnya. Tetapi jika dilihat dari kondisinya jalanan ini akan memakan anggaran yang cukup banyak. Mengingat letaknya di pinggir sungai, sehingga memerlukan pancang di pinggir sungai, guna menahan pergeseran tanah.

Ditempat terpisah Kepala Bidang Jalan Dinas PU Pangkep, Kallang Ambo Dalle mengungkapkan  rusaknya jalan tersebut juga pengaruh dari pergeseran tanah yang menyebabkan sebagian badan jalan turun hingga 80 centi meter.

 "Memang diperlukan nanti penanganan lanjutan, karena kondisinya yang dekat sekali dengan sungai, namun saat ini kita fokus ke perbaikan jalannya dulu, memakai Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018.

"Segera kita akan kerjakan, kontrak sudah fix dan sudah ditangani bagian PPKnya," ujarnya.
Dia menyebut jalanan tersebut akan memakai beton dengan lebar 3 meter dan panjang 50 meter.
"Kita fokus ke perbaikan jalannya dulu. Akan pakai anggaran banyak apalagi tanah sudah bergeser sehingga sebagian badan jalan itu turun hingga 80 cm," jelasnya.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "JALAN RUSAK PARAH DI CAMBATOA PA'BUNDUKANG SEGERA DIPERBAIKI PEMKAB PANGKEP"